Senin, 25 Oktober 2010

Pagelaran Ketoprak Spektakuler



Ketoprak adalah kesenian yang cukup di kenal di Jawa Tengah termasuk Jepara. Biasanya pagelaran ini mengangkat cerita tentang kehidupan kerajaan di tanah Jawa pada masa lampau.
Di Jepara, Pagelaran ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan segala hal (termasuk sejarah) yang berkaitan dengan Jepara kepada masyarakat.
Beberapa kali pernah ditampilkan di Taman Mini Indonesia Indah dengan label "Ketoprak Modern". Ada misi lain yang berusaha dimunculkan dengan tujuan mendekatkan kalangan birokrat dengan masyarakat, sehingga tampil "Ketoprak Spektakuler" yang pemain pendukungnya adalah Bupati Jepara beserta Muspida, Pejabat Instansi Pemerintah, Tokoh Masyarakat, Pengusaha, Kalangan Pendidik, danSeniman.



Tahun 2009 bertempat di Alun-Alun Jepara mengangkat cerita "Sungging Badarduwung" dan yang terbaru dilaksanakan hari Sabtu (malam Minggu) tanggal 23 Oktober 2010 dengan tema "Laskar Kalinyamat". Dengan jumlah pemain yang mencapai 250 orang, layak dinobatkan sebagai pemecah Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori pentas ketoprak dengan jumlah pemain terbanyak.

1 komentar: