Senin, 11 April 2011

PUNCAK PERINGATAN HARI JADI JEPARA KE 462



Rangkaian puncak peringatan Hari Jadi Jepara Ke 462 dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu, 9 - 10 April 2011.
Prosesi dimulai dari Pendopo Kabupaten pada hari Sabtu pukul 13.00. Diawali dengan menyantuni anak yatim piatu, dilanjutkan dengan pergelaran sendratari yang melibatkan seniman-seniman Jepara. Kemudian Kirab dari Pendopo Kabupaten menuju Makam Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadlirin di Mantingan.


Kirab tahun ini mengambil tema " penghijauan" yaitu peserta Kirab memerankan " Manusia Pohon " yang terdiri atas ribuan anak SD, SMP,dan SMA. Konsep penghijauan sengaja ditampilkan untuk mensosialisasikan program penghijauan dari pemerintah, Kemudian malamnya dilanjutkan pengajian di masjid mantingan.


Sesampainya di Kompleks Makam & Masjid Mantingan, diadakan penggantian luwur (kain penutup makam) Ratu Kalinyamat dan Sultan Hadlirin oleh Bupati Jepara didampingi jajaran Muspida, Ulama, dan Tokoh Masyarakat.
Malam harinya pukul 19.00 diadakan pengajian diikuti masyarakat dari seluruh penjuru Jepara di kompleks Masjid Mantingan.
Minggu pagi dilaksanakan upacara bendera diikuti seluruh PNS Kabupaten Jepara, TNI, POLRI, dan siswa siswi sekolah menengah pertama dan menengah atas. Karena cuaca kurang mendukung (hujan), upacara dilaksanakan di Pendopo Kabupaten dengan inspektur upacara Bupati Jepara Drs. H. Hendro Martojo, MM., dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi pemenang lomba dan pagelaran seni.

1 komentar: